oleh

Tips Menulis Cerita Ringan

Menulis adalah sebuah kegiatan menuangkan ide ke dalam tulisan. Meskipun terdengar mudah, tidak semua orang bisa menulis dengan baik. Apalagi, jika harus menulis pemikiran yang berat dan panjang. Namun demikian, seiring berkembangnya media sosial dalam berbagai platform, semua orang bisa menulis, walaupun hanya sebuah kalimat atau sebuah kata saja.

Cerita ringan merupakan cerita yang menggambarkan kejadian sehari-hari di sekitar kita dan ditulis dalam bahasa yang mudah dipahami. Anda bisa menulis cerita ringan tentang kebiasaan remaja saat pandemi, atau cerita pengalaman berbelanja di mall, atau cerita dicopet di dalam angkutan umum, dan sebagainya.

Intinya, cerita ringan adalah cerita apa saja tentang fenomena di sekitar kita yang ditulis dengan bahasa ringan. Tidak ada kaidah khusus tentang bagaimana menulis sebuah cerita ringan ini. Yang perlu anda lakukan adalah menulis, ya menulis.

Tentu saja tidak semua orang bisa menulis, meskipun hanya cerita ringan. Untuk itu, saya akan berbagi tips bagaimana menulis sebuah cerita ringan.

  1. Tentukan topik yang akan anda tulis. Misalnya: prilaku sopir angkot di Kota Depok.
  2. Tulis kisi-kisi cerita ringan anda. Kisi-kisi itu semacam alur cerita. Misalnya, paragraf pertama anda akan cerita tentang informasi angkot di Kota Depok, paragraf kedua tentang trayek angkot, paragraf ketiga tentang kebiasaan sopir angkot, paragraf keempat tentang… dan seterusnya.
  3. Setelah kisi-kisi membentuk sebuah alur cerita tentang prilaku sopir angkot di Kota Depok, maka lengkapi paragraf tersebut sehingga membentuk cerita yang bagus.
  4. Sempurnakan cerita sehingga enak dibaca.
  5. Kalau perlu, akhiri cerita dengan nuansa penasaran para pembaca.

Silahkan mencoba..

___

Yusdi Usman, Depok, 2 Pebruari 2021