Tentang

oleh

Dr. Cand. Yusdi Usman adalah sosiolog, peneliti sosial, dan pengamat perubahan sosial. Ia memberi perhatian pada isu-isu pembangunan sosial (social development), pembangunan berkelanjutan (sustainable development), dan perubahan iklim (climate change).

Setelah menyelesaikan pendidikan sarjana di Universitas Gadjah Mada (UGM), ia melanjutkan studi Magister Sosiologi di Universitas Indonesia (UI) dan lulus dengan predikat cumlaude. Tahun 2017, ia melanjutkan studi Doktoral Sosiologi di Universitas Indonesia (UI). Saat ini, ia sedang dalam proses promosi Doktoral. Ia menulis disertasi tentang Jaringan Keluarga dan Korupsi Politik di Era Demokrasi. Semoga, tahun 2022 ini bisa diwisuda. Amin!

Selama lebih dari 20 tahun, ia berkiprah di dunia profesional sebagai peneliti, konsultan, dan tim manajerial. Di dunia konsultansi, ia terlibat dalam berbagai kegiatan konsultansi dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah pusat/daerah, NGO nasional dan internasional, proyek lembaga donor, perguruan tinggi/lembaga penelitian, dan korporasi nasional/multinasional.

Selain sebagai konsultan, ia juga menjadi Co-founder dan CEO Rumah Berkelanjutan, sebuah lembaga riset dan capacity building untuk isu pembangunan berkelanjutan (sustainable development), baik untuk pilar lingkungan, sosial, dan ekonomi.

Pada era 1990-an, Yusdi Usman merupakan aktivis 98, yang bersama dengan kekuatan reformis, berperan dalam perubahan politik dan transisi demokrasi tanggal 21 Mei 1998. Sebagai aktivis mahasiswa, ia pernah dipercaya menjadi Ketua Senat Mahasiswa UGM periode 1998-1999.

Yusdi Usman dan keluarga tinggal dan menetap di Kota Depok, Jawa Barat, Indonesia.