oleh

Kegagalan Sebagai Proses Belajar

Inspirasi #1 Yusdi Usman

Setiap orang mendambakan keberhasilan. Semua orang menolak datangnya kegagalan. Tapi, sadarkah kita bahwa keberhasilan dan kegagalan bukan untuk dipertentangkan? Karena, tidak selamanya keberhasilan akan datang menghampiri kita. Dan, tidak selamanya juga kegagalan menjauhi kita.

Di titik inilah, kita harus menyadari bahwa ada tangan Tuhan yang bekerja untuk kita, yang berada di luar kendali kita. Dalam menghadapi hadirnya keberhasilan dan kegagalan dalam hidup, tugas kita sebagai manusia adalah berusaha menggapai keberhasilan dan meminimalkan kegagalan.

Namun, bagaimana jika kegagalan lebih banyak hadir dibandingkan dengan keberhasilan? Bisa jadi, upaya kita belum maksimal untuk meraih keberhasilan. Bisa jadi juga bahwa rentetan kegagalan yang kita hadapi adalah mekanisme yang bekerja dalam rangka mempersiapkan kita untuk menerima keberhasilan yang lebih besar.

Karena itu, keberhasilan dan kegagalan seringkali berjalan seperti siklus yang terus datang bergantian. Dengan kerja keras, kerja cerdas, dan upaya yang terus dilakukan dalam memperbesar dukungan menuju keberhasilan, yakinlah bahwa kegagalan adalah proses belajar. Ya, proses belajar menuju kesuksesan besar di masa yang akan datang.. ##

Depok, 26 Februari 2022